Thursday, January 21, 2010

Spesifikasi Nokia E72 Plus Sedikit Tambahan

Tentunya kita semua ingin memiliki sebuah ponsel yang sesuai kebutuhan kita kan? Apalagi kalau bisa lebih, wah, jadi poin plus untuk ponsel tersebut. Dan sebelum membeli, sering kita mencari referensi kesana kemari untuk tahu secara lebih detail tentang ponsel yang kita inginkan kan? Bagaimana respon penggunanya, bagaimana bila dibandingkan dengan ponsel lainnya, apa saja kegunaannya dan mungkin yang paling mendasar adalah bagaimana Spesifikasi Teknisnya.

Disini saya mencoba untuk memberikan informasi spesifikasi teknis Nokia E72 berdasarkan data dari situs yang terkenal di bidang informasi terbaru ponsel GSM, apalagi kalau bukan GSM Arena. Mungkin pertanyaan anda, "mengapa harus diinformasikan disini juga?" Saya ingin saja untuk menambahkan sedikit info berdasarkan pengalaman saya menggunakan Nokia E72, supaya mungkin dapat diketahui juga beberapa hal diluar spesifikasi hitam diatas putih tersebut. Saya sendiri sebelum membeli ponsel yang saya inginkan, informasi macam inilah yang saya butuhkan. Seperti itulah mengapa artikel ini ada. Jadi, apakah anda ingin tahu lebih lagi?


Mari kita simak:
Sebelumnya, buka dulu halaman spesifikasi Nokia E72 di GSM Arena. Kemudian lihat spesifikasinya urut dari atas kebawah.


Dimensions 114 x 58 x 10 mm, 65 cc
Ukurannya hampir sama dengan Nokia E71, tapi E72 tampak sedikit lebih "bulky".

Weight 128 g
Sedikit berat, tapi relatif lah

Display Size 320 x 240 pixels, 2.36 inches
Aspect Ratio layarnya 4:3

Full Qwerty keyboard
Ada tambahan 2 tombol baru bila dibandingkan dengan E71, menyebabkan ukuran spasi jadi lebih kecil

Accelerometer sensor for auto rotate and tap-for-time
Accelerometer kurang dimanfaatkan dengan maksimal, pada firmware awal sementara hanya difungsikan untuk "flip to silent" alias balikkan ponsel untuk membungkam alarm atau bunyi telepon yang masuk. Dan saya juga kurang mengerti maksud GSMArena mengenai "tap-for-time". Ada yang tahu? Jika ingin memaksimalkan penggunaan accelerometer, ada aplikasi dan game dari pihak ketiga

Optical Trackpad
Optical Trackpad-nya sensitif. Bagi yang belum terbiasa, mungkin agak kaku menggunakannya. Coba dibiasakan, pasti ketagihan. Yang lebih asik lagi bisa digunakan bagai Kinetic Scrolling juga

3.5 mm audio jack
Jack Audio 3.5mm, lebih universal bila dibandingkan dengan E71 yang 2.5mm. Lebih banyak pilihan untuk menggunakan headset atau earphone merek lain

Memory internal, 250 MB storage, 128 MB RAM
Ukuran memori RAM 128MB, tapi dengan Firmware awal, hanya sekitar 41MB yang free dan bisa kita gunakan. Semoga dengan FW baru nanti dapat lebih diefisienkan

Card Slot microSD, up to 16GB, hotswap
Saya mendapat MicroSD HC 4 GB dari paket penjualan

USB Slot, v2.0 microUSB
Slot MicroUSB-nya bisa digunakan untuk transfer data, sebagai kabel modem sekaligus bisa berfungsi untuk isi ulang baterai (charging)

Primary camera 5MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
Lampu Single Flash LED-nya bisa dijadikan senter darurat saat listrik padam

Secondary VGA video call camera
Kamera depan (sekunder) bisa digunakan untuk foto juga, tidak sekedar video call saja

CPU ARM 11 600 MHz processor
Memiliki otak (prosesor) yang lebih cepat dibanding E71

Messaging SMS, MMS, Email, Instant Messaging
Email sekarang dipisahkan dari menu messaging karena menggunakan semacam aplikasi bawaan dari Nokia, yaitu Nokia Messaging yang mendukung Pushmail dan Pullmail.

Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
Browser internet bawaan mampu memutar streaming video. Contohnya YouTube. Semua berkat adanya FlashLite 3

A-GPS support; Nokia Maps 3.0
Assisted-GPS, mempercepat Satelit dalam mengunci posisi ponsel. Menurut info yang saya dapat dan secara tidak sadar saya alami, A-GPS ini menggunakan GPRS yang memakan pulsa. Bisa di non-aktifkan

Digital Compass
Fitur Digital Compass kurang dimaksimalkan, hanya berfungsi pada aplikasi bawaan: Nokia Maps. Tapi jangan khawatir, selalu ada saja aplikasi dari developer pihak ketiga untuk ponsel ber-OS Symbian S60 3rd, contohnya Northpole yang telah dibahas di E72 Holic juga

Document Editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
Mampu mengedit dan membuat dokumen Word, Excel dan PowerPoint bahkan yang versi 2007(pada update baru). PDF hanya viewer saja

Standard battery, Li-Po 1500 mAh (BP-4L)
Nokia E72 mempertahankan ciri khas dari kakak-kakaknya (E61i dan E71) yang memiliki baterai tahan lama


Mungkin cukup sekian dulu info singkat yang bisa saya tambahkan dan semoga bermanfaat. Perlu diketahui, informasi yang saya tambahkan tersebut berasal dari pengalaman saya menggunakan Nokia E72. Apabila ada kesalahan, mohon dibenarkan dan bila ada yang ingin menambahkan, silahkan share disini. Terima kasih.

Northpole - Kompas Digital di Nokia E72

Digital Compass on E72 Kompas adalah alat yang biasa kita gunakan untuk mengetahui arah mata angin. Dengan kompas kita bisa tahu mana arah Timur, Barat, Utara maupun Selatan. Di jaman yang canggih seperti sekarang ini kompas juga bisa kita jumpai pada barang elektronik lho. Yup, jangan heran, karena salah satu barang elektronik yang juga dapat berfungsi sebagai kompas adalah alat telekomunikasi yang sering kita tenteng (bawa) kemana-mana, ponsel.

Ponsel yang pertama kali saya tahu dapat digunakan sebagai kompas adalah iPhone, dan setelahnya adalah Nokia N97 (sekedar tahu sih, tidak lihat secara langsung). Nokia sebagai pembuat ponsel nomor satu dunia tentu tidak berhenti dengan N97 saja. Setelah N97, muncullah ponsel Nokia lainnya yang dilengkapi dengan kompas digital, sebut saja Nokia N97 Mini dan of course Nokia E72.

Nokia E72 memiliki fitur digital compass yang terintegrasi. Sensor untuk kompas tersebut, tertanam di dalam tubuh E72. Namun semua pengguna Nokia E72 pasti tahu bahwa fitur kompas ini hanya bisa dijalankan dari 1 tempat, atau tepatnya 1 aplikasi... Yaitu OVI Maps. Kenapa tidak dibuatkan aplikasi tersendiri ya? Apa karena pada firmware awal memang belum direncanakan ada, dan akan disertakan di update firmware berikutnya? Who knows..

Nah karena itulah, ada seorang developer bernama Sittiphol Phanvilai yang telah berbaik hati membuatkan sebuah aplikasi tidak berbayar (gratis) untuk memanfaatkan fitur kompas di E72 secara praktis dan mudah. Aplikasi ini bernama NorthPole.

Fungsi dari aplikasi ini simpel saja, sebagai kompas digital. Menjalankannya juga praktis dan mudah. Buka aplikasinya, kalibrasi dan kemudian kompas digital siap digunakan untuk menunjukkan arah mata angin dan memudahkan navigasi kita. Berikut gambarannya:

01 Menu Interaktif Nokia E72
   Buka aplikasi

02 Kalibrasi Kompas Digital E72  03 Menggunakan Kompas Nokia E72 
   Ada petunjuk untuk kalibrasi dan indikator yang menunjukkan persentase proses kalibrasi

04 Fitur Kompas Hebat di E72
   Jika proses kalibrasi telah 100%, NorthPole siap digunakan

Dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu lagi membuka OVI Maps hanya sekedar untuk menggunakan kompas didalamnya. Dan menurut saya, aplikasi ini cukup baik dalam mempertahankan hasil kalibrasinya bila dibandingkan kompas dalam OVI Maps yang sesekali berhenti bekerja sesaat.

Apakah anda membutuhkan aplikasi ini? Bila iya, silahkan download pada link yang saya sediakan dibawah. Dan jika anda merasa aplikasi ini berguna dan ingin membantu sang developer dengan melakukan donasi, silahkan menuju link berikut:


Official Website: www.neuvex.com

untuk download saya telah sediakan mirrornya disini:
NorthPole 0.86 di box.net - www.box.net/fpc3bkgbco


Bagi Umat Muslim, tampaknya aplikasi Freeware ini juga dapat digunakan untuk membantu mengetahui arah Kiblat. Mungkin saat ditempat yang tidak ada penunjuk arah Kiblat dan kita hendak Shalat, kita bisa manfaatkan aplikasi ini dan kemudian mengetahui mana arah Barat (arah Kiblat berdasarkan letak Indonesia).

Bercerita begini, saya jadi ingat pada sebuah kompas yang dibawakan oleh teman Ayah saya sepulang Ibadah Haji. Kompas tersebut disertai panduan untuk menentukan arah Kiblat di negara maupun kota manapun kita berada. Seandainya aplikasi ini dikembangkan juga sebagai aplikasi Islami, pasti akan sangat bermanfaat. Dan akan sangat berguna bukan, apabila juga terdapat pada aplikasi semacam NorthPole yang dapat kita install pada Nokia E72 ini?

Semoga bermanfaat.

Share Harga Nokia E72

Kita semua tahu bahwa beda toko, harga ponsel tidak pasti sama satu dengan yang lain. Beda kota, harga ponsel bisa beda juga. Beda waktu.. Ini apalagi, jelas harga ponsel bisa berbeda. Tapi yang pasti, harganya akan semakin turun seiring waktu berjalan. Kecuali ponsel spesial seperti edisi kolektor, atau ponsel spesial yang memiliki body emas misalnya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut informasi harga Nokia E72 yang saya miliki.

Kota: Surabaya
Tempat pembelian: Plasa Marina
Tanggal pembelian: 28 Desember 2009
Ponsel: Nokia E72
Warna: Topaz Brown
Harga: Rp. 4.325.000 (bonus screenguard)

Harga ditoko yang sama 11 hari kemudian (8 Januari 2010): Rp. 4.200.000, turun harga sedikit lebih murah

Sedikit saya tambahkan bahwa toko tempat saya membeli, menjual Nokia E72 Topaz Brown sedikit lebih mahal daripada warna lainnya.

Bagaimana dengan Nokia E72 yang anda miliki? Mari kita share disini sehingga bisa berguna sebagai referensi untuk lainnya dan dapat kita bandingkan juga harganya dari waktu ke waktu. Dan bagi yang baru berencana dan sekedar bertanya harga pun yuk ikutan sharing disini, semoga bisa menjadi informasi yang berguna.

Friday, January 15, 2010

Kesan Pertama Nokia E72

Waktu melihatnya pertama kali, Nokia E72 langsung merebut perhatian saya. Dengan tubuh yang dibalut cover yang kemilau, elegan dan tampak solid, Nokia E72 terlihat indah dimata saya... Dan rencana membeli ponsel lain yang sedang saya incar pun seketika itu pudar.

Begitulah kesan saat saya pertama kali melihat sebuah Nokia E72. Karenanya, saya telah “berkenalan” dan akhirnya memiliki sebuah Nokia E72, sampai sekarang dan seterusnya. Bagaimana kesan setelah memilikinya?



Berikut first impression saya terhadap Nokia E72 Topaz Brown secara singkat, dari sisi plus dan minusnya, apa yang saya sukai dan apa yang kurang saya suka:

Yang saya suka (plus):
+ Desain dan warnanya cantik dan elegan
+ Build Quality yang baik, memiliki bahan stainless yang tampak solid
+ Samping body yang tidak banyak tombol maupun lubang untuk colokan, terlihat minimalis
+ Optical Trackpad yang sensitif dan Directional Keys yang tetap dipertahankan walaupun sudah ada Optical Trackpad, menambah kemudahan dan kenyamanan navigasi menu
+ Kamera 5 Megapixel, tertinggi di kelas E-Series Nokia lainnya (pada saat artikel ini ditulis)
+ Jack Audio 3.5mm lebih universal sehingga kita bisa memakai headset atau earphone favorit untuk menambah kenyamanan mendengarkan musik
+ Bisa sekaligus isi ulang baterai (charging) saat disambungkan ke PC atau Notebook untuk transfer data maupun menggunakannya sebagai modem

Yang saya kurang suka (minus):
- Merupakan magnet sidik jari, yaitu pada pinggiran body depan dan pada penutup baterai di belakang
- Penutup baterai yang kurang mantap terkunci di dudukannya sehingga sedikit mengurangi kenyamanan saat mengetik. Mengapa? Karena rasanya seperti terpencet/goyang juga dari belakang saat menekan tombol-tombol di bagian depan ponsel
- Masih terdapat cukup banyak bug dalam firmware-nya. Hal ini sudah saya sadari dan dapat dimaklumi karena unit yang saya miliki adalah E72-1 yang rilis pertama kali dengan firmware awal yang belum cukup sempurna. Tapi jangan khawatir, karena kedepannya dimungkinkan akan ada update firmware
- Kabel data yang cukup pendek, kalau direntangkan panjangnya kira-kira 20 cm



Beberapa “minus”-nya mungkin akan membuat kita kurang nyaman. Tapi bukannya tidak mungkin untuk diakali atau menunggu perkembangan lebih lanjut dari Nokia kan? (firmware contohnya).

Artikel ini hanya berupa kesan pertama yang saya dapatkan saat menggunakan Nokia E72 dan belum menyebutkan secara keseluruhan mengenai fitur maupun kelebihan atau kekurangan Nokia E72. Yang pasti, E72 memiliki fitur yang lebih banyak dan teknologi yang lebih maju daripada kakak-kakaknya: E71 dan E61i. Menurut saya secara garis besar, Nokia E72 adalah ponsel yang mengagumkan.

Bagaimana dengan anda? Saat “berkenalan” dengan Nokia E72, apa kesan pertama anda?

"Ponsel Hebat Itu" Akhirnya Saya Miliki

Saat itu saya sedang berjalan-jalan di sebuah Plasa di Surabaya yang juga merupakan sebuah pusat belanja IT. Bukan sekedar jalan-jalan sih, karena memang saya juga sedang mencari pengganti ponsel yang telah 'menemani' saya cukup lama dan telah berjasa banyak pada saya, Nokia E61i..

Nokia E61i Silver Brown

Sebelumnya, saya telah mencari banyak referensi melalui Internet mengenai berbagai macam ponsel, mulai dari Nokia E-Series E71, E72, E75, E52, E55; Nokia Seri Musik 5730 XpressMusic; sampai ponsel Full Multimedia Nokia N-Series seperti N85, N86, dan N97 Mini. Darimana saja sumbernya? Mana lagi kalau bukan GSMArena, Phone Arena, dan juga blog-blog ponsel.

Ada 5 fitur yang sebetulnya saya butuhkan, yang sebagian tidak ada pada E61i. 5 fitur itu adalah: High-Res Camera + Flash, Tombol Qwerty, GPS, Accelerometer dan Layar Widescreen dengan Aspect Ratio 16:9. Semuanya dapat saya temukan pada Nokia N97 maupun N97 Mini. Nokia N97 Mini merupakan pilihan tepat karena lebih kecil namun memiliki fitur sama dengan N97. Tapi menurut saya, harganya itu lho (waktu artikel ini ditulis) masih overprice, katanya lebih murah dari N97 yang besar, lha kok cuma beda sekitar 100 ribu saja. Wajar juga sih, lha wong baru rilis. Saya demen (suka), tapi sementara Eliminasi dulu. Otomatis fitur Widescreen saya eliminasi juga dari daftar fitur yang saya inginkan.

Black Brown Nokia N97 Mini

Tapi dasar yang namanya suka, tetap saja saya cari info N97 Mini terus dan akhirnya sampai ke Dealer Resmi Nokia. Disana saya lihat-lihat N97 Mini, pegang dummy-nya, tanya ini-itu, dan berujung si mas yang jaga memberi alternatif pilihan pada saya, Nokia E72. Tidak cuma dummy-nya loh, tapi demo langsung barang aslinya yang berwarna Zodium Black. Terus terang saya tertarik, tapi entah, belum terpikirkan untuk beli ^^ .

Jadilah akhirnya, saya beralih ke beberapa pilihan lainnya yang kemudian meruncing menjadi Nokia E75 dan 5730 XpressMusic dan saya berencana membeli salah satu diantaranya. Namun rasanya kok ada sesuatu yang masih kurang sreg... Anyway, kembali saya melanjutkan paragraf pertama diatas..

Black Nokia E75  Blue Nokia 5730 XM 

Setelah berputar-putar di Plasa tadi untuk membandingkan harga, akhirnya saya sampai di sebuah toko ponsel yang menawarkan harga cukup miring tapi wajar. Saya minta si mbak penjaga toko menunjukkan Dummy E75, 5730 XM beserta E71 untuk saya pegang-pegang dan saya rasakan. Kemudian iseng-iseng saya minta Dummy E72 juga. Dan...

Metal Grey Nokia E72 - Phoneslimited

Jreeng! Dummy E72 berwarna silver metalik berkilauan terkena cahaya lampu yang terang benderang muncul dari balik etalase. Haha, lebay! Seketika itu juga saya langsung terpesona oleh kemilau tubuh si E72. Dan akhirnya rencana membeli ponsel pilihan saya jadi berantakan! Tapi wajarlah, karena rasanya saya masih kurang sreg untuk memilih E75 atau 5730 XM. Sekedar informasi, 5730 XM dan E71 berada di rentang harga yang sama. Sedangkan E75 selisih sekitar 600 ribu rupiah diatasnya. Dan E72 selisih sekitar 1,5 juta rupiah diatas E71 pada saat itu (artikel ini ditulis 18 hari setelah hari-H). Saya putuskan untuk memikirkannya ulang dan hari itu saya batal sementara mendapatkan pengganti E61i.

Saya pikirkan ulang sambil mencari informasi spesifikasi dan informasi terbaru seputar Nokia E72 dari berbagai macam situs, blog dan forum, sampai pada akhirnya saya mantap dan memutuskan untuk membeli E72. Saya kembali ke toko itu esok harinya.. Sebenarnya saya naksir berat dengan warna Metal Grey E72, tapi banyak yang bilang E72 Topaz Brown lebih menarik dan lebih banyak yang cari. Mas penjaga di Dealer Resmi Nokia bilang begitu, apalagi toko tempat saya akan beli, si empunya (yang punya) bilang E72 Topaz Brown agak susah dapatnya, barangnya cepat habis karena banyak yang cari dan harganya diatas dua warna lainnya. Wah, harus buruan pikir saya. Okelah, menurut saya kalau warna, yang penting sesuai selera aja. Tapi gimana bisa sesuai selera kalau ada 1 warna yang saya belum tahu bentuk dan rupanya secara langsung?! Yang hitam dan abu-abu metal saya sudah tahu, yang brown?...

Waktu di toko itu, saya lihat-lihat lagi Dummy warna Metal Grey, tapi sambil request sama mbak penjaga untuk mengambilkan barang aslinya yang Topaz Brown. Kalau saja ada Dummy E72 Topaz Brown, saya pasti tidak akan ragu untuk memilih. Walaupun begitu, entah kenapa tetap saya iyakan saja kotak E72 untuk dibredel (disobek segelnya lalu dibuka) dan dikeluarkan barangnya. Sempat Dag Dig Dug Duer juga waktu dibredel, khawatir kalau tidak sesuai harapan...

Akhir cerita, ternyata E72 Topaz Brown sesuai harapan, melebihi malah. Dan DEAL!! Saya beli E72 Topaz Brown!

My Nokia E72 Topaz Brown

Nokia E72 adalah ponsel yang indah, elegan, dan memiliki kesan solid. Dengan pilihan warna Zodium Black, Metal Grey, dan Topaz Brown, manakah yang sesuai selera anda? Warna apa yang anda miliki atau ingin anda miliki?

Time2news E72

Photos taken from: GSMArenaMobshop.ru, Phones Limited, Time2News

Sunday, January 10, 2010

Tentang E72Holic

E72Holic.. Nama blog ini terinspirasi dari kode ponsel Enterprise Nokia yang diawali huruf E. Dari kata "Enterprise" itu muncullah kata "work" yang kemudian merambat menjadi kata "workaholic" yang dapat diartikan gila kerja. Dan karena saya juga merasa sediikit meng-"gila"-i Nokia E72 milik saya, jadilah nama E72Holic. Agak maksa dan agak hiperbolik yah... Memang


Jadi, apa yang bisa membuat saya menjadi seorang E72Holic, apa saja yang menginspirasi saya untuk membuat blog ini? Nokia E72 tentunya. Silahkan simak dan ikuti blog E72Holic!

Welcome To E72Holic

Selamat datang semuanya di E72Holic, sebuah blog ponsel yang punya banyak cerita mengenai sebuah ponsel indah dan elegan yang sekaligus memiliki fungsi sebagai gadget canggih. Ponsel apakah dia? Dialah Nokia E72...

Anda semua yang beruntung telah memiliki Nokia E72.. Anda yang berencana membeli sebuah Nokia E72.. Dan anda yang ingin sekedar tahu atau sedang mencari informasi seputar ponsel pintar bernama Nokia E72.. Inilah tempat yang tepat untuk anda meluangkan waktu sejenak. Disini dapat anda temukan artikel yang berisi informasi menarik seputar Nokia E72, Aplikasi berguna yang dapat kita install atau sudah ada pada Nokia E72, maupun berbagai macam layanan yang dapat diakses menggunakan Nokia E72.

Jika anda memiliki komentar, berita, atau tips pribadi seputar Nokia E72, marilah kita saling berbagi disini, dengan saya dan dengan semua entusias Nokia E72 lainnya. Saya yakin segala hal seputar Nokia E72 yang kita sharing disini akan sangat berguna bagi lainnya!

 

About E72Holic

Site Info

Disclaimer

Nokia E72 Holic Copyright © 2009 Community is Designed by Free Blogger Template